Ubiquitous Computing
Ubiquitous Computing dan contohnya.
1. Ubiquitous Computing
Ubiquitous Computing (Komputasi Ubiquitous) atau pervasive computing adalah paradigma dalam teknologi informasi di mana komputasi disematkan secara menyeluruh dalam lingkungan sekitar pengguna, sehingga teknologi menjadi tidak terlihat dan bekerja secara otomatis di latar belakang tanpa perlu interaksi eksplisit yang terus-menerus dari pengguna.
1.1 Definisi
Ubiquitous computing pertama kali diperkenalkan oleh Mark Weiser pada awal 1990-an, yang menyatakan bahwa "komputer terbaik adalah yang tidak terlihat." Dalam paradigma ini, komputer terintegrasi ke dalam objek sehari-hari dan lingkungan, menjadikannya seolah-olah komputer "menghilang" dari perhatian pengguna namun tetap bekerja untuk mereka.
1.2 Karakteristik utama
- Invisibilitas: Teknologi beroperasi di latar belakang.
- Konektivitas: Semua perangkat saling terhubung melalui jaringan (misalnya IoT).
- Konteksual: Sistem memahami konteks pengguna seperti lokasi, waktu, aktivitas.
- Persebaran: Komputasi tidak hanya terjadi di satu perangkat, tapi tersebar di banyak perangkat kecil.
- Interaktivitas natural: Interaksi lebih alami, seperti dengan suara, gerakan, atau sensor otomatis.
1.3 Komponen Teknis
- Sensor dan Aktuator: Mengumpulkan data dari lingkungan.
- Perangkat Mobile dan Wearable: Menyediakan antarmuka bagi pengguna.
- Cloud Computing dan Edge Computing: Mendukung pemrosesan data dan penyimpanan terdistribusi.
- AI dan Machine Learning: Untuk adaptasi terhadap perilaku pengguna dan otomatisasi.
2. Contoh implementasi
2.1 Smart Home
- Termostat pintar seperti Nest yang belajar kebiasaan pengguna dan mengatur suhu secara otomatis.
- Lampu otomatis (misalnya Philips Hue) yang menyala atau mati tergantung keberadaan pengguna.
2.2 Smart City
- Sistem parkir pintar yang menunjukkan lokasi parkir kosong secara real-time.
- Lampu lalu lintas adaptif yang merespons kepadatan lalu lintas.
Referensi
Weiser, M. (1991). "The Computer for the 21st Century." Scientific American.
URL: https://www.lri.fr/~mbl/Stanford/CS477/papers/Weiser-SciAm.pdf
Satyanarayanan, M. (2001). "Pervasive Computing: Vision and Challenges." IEEE Personal Communications, 8(4), 10-17.
DOI: 10.1109/98.943998
Poslad, S. (2009). Ubiquitous Computing: Smart Devices, Environments and Interactions. Wiley.
Komentar
Posting Komentar