Tugas IMK Standar proses UCD untuk sistem interaktif
Standar proses UCD untuk sistem interaktif
Siklus Proses Human-Centered Design
1. Plan for Human-Centered Design (Merencanakan Desain Berpusat pada Pengguna)
- Langkah awal di mana tim pengembang merencanakan bagaimana prinsip desain berpusat pada pengguna akan diintegrasikan ke dalam proses pengembangan.
- Melibatkan perencanaan kegiatan seperti wawancara pengguna, observasi, dan lainnya.
2. Understand and Specify the Context of Use (Memahami dan Menentukan Konteks Penggunaan)
- Mengidentifikasi siapa penggunanya, apa tujuan mereka, dan dalam kondisi seperti apa sistem akan digunakan.
- Data dikumpulkan dari pengguna nyata untuk mengetahui kebutuhan, keterbatasan, lingkungan kerja, dan kebiasaan.
3. Specify the User and Organizational Requirements (Menentukan Kebutuhan Pengguna dan Organisasi)
- Dari konteks penggunaan, kebutuhan pengguna dan organisasi diterjemahkan menjadi spesifikasi yang lebih formal.
- Bisa mencakup kebutuhan fungsional, non-fungsional, dan tujuan pengalaman pengguna (UX goals).
4. Produce Design Solutions (Menghasilkan Solusi Desain)
- Membuat alternatif solusi desain yang memenuhi kebutuhan.
- Biasanya dalam bentuk sketsa, wireframe, prototype interaktif, dsb.
- Harus iteratif: solusi dapat terus diperbaiki berdasarkan masukan pengguna.
5. Evaluate Design Against Requirements (Evaluasi Desain terhadap Kebutuhan)
- Desain diuji oleh pengguna nyata untuk melihat apakah memenuhi kebutuhan mereka.
- Teknik evaluasi bisa berupa usability testing, heuristic evaluation, atau user feedback.
Referensi
Preece, J., Rogers, Y., & Sharp, H. (2015). Interaction Design: Beyond Human-Computer Interaction (4th ed.).
https://www.interaction-design.org/literature/topics/human-centered-design
https://www.usability.gov/what-and-why/human-centered-design.html
Komentar
Posting Komentar