Tugas IMK Standar proses UCD untuk sistem interaktif

Standar proses UCD untuk sistem interaktif

Siklus Proses Human-Centered Design

1. Plan for Human-Centered Design (Merencanakan Desain Berpusat pada Pengguna)

  • Langkah awal di mana tim pengembang merencanakan bagaimana prinsip desain berpusat pada pengguna akan diintegrasikan ke dalam proses pengembangan.

  • Melibatkan perencanaan kegiatan seperti wawancara pengguna, observasi, dan lainnya.

2. Understand and Specify the Context of Use (Memahami dan Menentukan Konteks Penggunaan)

  • Mengidentifikasi siapa penggunanya, apa tujuan mereka, dan dalam kondisi seperti apa sistem akan digunakan.
  • Data dikumpulkan dari pengguna nyata untuk mengetahui kebutuhan, keterbatasan, lingkungan kerja, dan kebiasaan.

3. Specify the User and Organizational Requirements (Menentukan Kebutuhan Pengguna dan Organisasi)

  • Dari konteks penggunaan, kebutuhan pengguna dan organisasi diterjemahkan menjadi spesifikasi yang lebih formal.
  • Bisa mencakup kebutuhan fungsional, non-fungsional, dan tujuan pengalaman pengguna (UX goals).

4. Produce Design Solutions (Menghasilkan Solusi Desain)

  • Membuat alternatif solusi desain yang memenuhi kebutuhan.
  • Biasanya dalam bentuk sketsa, wireframe, prototype interaktif, dsb.
  • Harus iteratif: solusi dapat terus diperbaiki berdasarkan masukan pengguna.

5. Evaluate Design Against Requirements (Evaluasi Desain terhadap Kebutuhan)

  • Desain diuji oleh pengguna nyata untuk melihat apakah memenuhi kebutuhan mereka.
  • Teknik evaluasi bisa berupa usability testing, heuristic evaluation, atau user feedback.

Referensi 

Preece, J., Rogers, Y., & Sharp, H. (2015). Interaction Design: Beyond Human-Computer Interaction (4th ed.).

https://www.interaction-design.org/literature/topics/human-centered-design

https://www.usability.gov/what-and-why/human-centered-design.html

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Faris zaid husaini (8020230155)

Pengertian Batch System, critical section, process control block, distributed processing, handheld, thread.

Ubiquitous Computing